Sejarah

Sejarah Keberadaan Selomerto ( Kecamatan) terkait sejarah  Wonosobo berdasarkan cerita rakyat, pada sekitar abad XVII tersebutlah tiga orang pengelana yang masing-masing bernama Kyai Kolodete, Kyai Karim dan Kyai Walik, mulai merintis suatu pemukiman di Wonosobo

Selanjutnya Kyai Kolodete berada di dataran tinggi Dieng, Kyai Karim berada di daerah Kalibeber dan Kyai Walik berada di sekitar Kota Wonosobo sekarang ini. Sejak saat itu daerah di daerah ini mulai berkembang, tiga orang tokoh tersebut dianggap sebagai "cikal bakal" dari masyarakat Wonosobo yang dikenal sekarang ini.

Makin lama daerah ini semakin berkembang, sehingga semakin ramai. Dikemudian hari dikenal beberapa nama tokoh penguasa daerah Wonosobo yang pusat pemerintahannya di Selomanik. Dikenal pula tokoh bernama Tumenggung Wiroduta di Pacekelan Kalilusi, yang selanjutnya dipindahkan ke Ledok atau Plobangan saat ini.

Salah seorang cucu Kyai Karim juga disebut sebagai salah seorang penguasa di Wonosobo. Cucu Kyai Karim tersebut dikenal sebagai Ki Singowedono yang telah mendapat hadiah satu tempat di Selomerto dari Keraton Mataram serta diangkat menjadi penguasa daerah ini, namanya berganti menjadi Tumenggung Jogonegoro. Pada masa ini pusat kekuasaan dipindahkan ke Selomerto. Setelah meninggal dunia Tumenggung Jogonegoro dimakamkan di desa Pakuncen.

Setelah masa kemerdekaan terkait pembentukan kabupaten/kota di wilayah Jawa Tengah sesuai Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 1950 tentang Pembentukan Daerah-Daerah Kota Kecil dalam Lingkungan Provinsi Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jawa Barat;  dimana Wonosobo (Kabupaten) salah satunya. Dan Kecamatan Krasak  termaktub didalamnya.

Setelah Maret 1956 berganti nama menjadi Kecamatan Selomerto. Dan nama Kecamatan Selomerto tersebut yang dipakai sampai saat ini.

Pengumuman

Pelayanan Online Menggunakan WhatsApp

Dalam rangka mempercepat pelayanan kepada masyarakat dan sebagai upaya untuk mencegah penyebaran Cor

Pemberitahuan

Pemberitahuan

Masyarakat yang berusia 23 tahun keatas atau non pemilih pemula  :1). Apabila sampai dengan tan

PENGUMUMAN

Jemput  Bola KTP Elektronik  Oktober  2018PENGUMUMAN Diberitahukan kepada masyar

SIMBAREJO

SIMBAREJO

MerdiDesa SIMBAREJO TGL 11 SEPTEMBER 2018

PENGUMUMAN UNTUK WARGA SELOMERTO SEGERA KEKECAMATAN E KTP SUDAH BISA DICETAK

PENGUMUMAN UNTUK WARGA SELOMERTO SEGERA KEKECAMATAN E KTP SUDAH BISA DICETAK

Bagi warga  di Kecamatan Selomerto Kabupaten Wonosobo yang memiliki SUKET atau Surat Keterangan

Statistik Pengunjung

Kami mengatakan tidak untuk

Kontak Kami

Jl. Balekambang Km.01 Selomerto, Kode Pos 56361
Phone: (0286)321281
Email: kecamatanselomerto@wonosobokab.go.id
Website: https://kecamatanselomerto.wonosobokab.go.id